Assalamamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Orang yang rajin membaca bagaikan sedang melihat masa lalu dan masa depan, hadir disetiap sejarah, serta hadir di setiap imajinasi orang-orang hebat. selamat membaca, semoga bermanfaat setiap artikel yang admin sajikan.....

Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Anak Usia Dini di Era Pandemi COVID-19


Mahasiswa Fakultas dakwah

PengembanganMasyarakat Islam Angkatan 2013

Oleh

Medi Darman

441307519


Media Sosial atau sering disebut (medsos) adalah salah satu teknlogi yang bisa menghubungkan antara satu individu dengan individu lainnya yang bersifat untuk membantu, berpartisipasi, berbagi, dan  dapat berkomunikasi secara efektif walaupun dengan jarak jauh. Media sosial sekarang ini sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat dan dipakai dalam kehidupan sehari-hari. 

Teknologi Gadget pun mulai mengalami perkembangan yang sangat luar biasa. Dari awalnya muncul yang hanya sebatas alat untuk komunikasi (telepon), kini gadget  berubah drastis menjadi salah satu kebutuhan yang selalu dibutuhkan oleh kalang masyarakat dan alat satu ini berkembang untuk mempermudahkan suatu aktivitas masyarakat sehari-hari.

Perkembangan Teknolgi saat ini sangatlah maju. Tetapi  dimana bisa kita lihat pada tahun 2019 munculnya suatu problematika yang bisa disebut Penyakit Virus Corona (COVID-19). Penyakit ini adalah penyakit yang menular dan sekarang dunia dihebohkan dengan permasalahan- permasalahan yang mucul.  Pertama masyarakat tidak diwajibkan keluar rumah selama 2 minggu (Karantina percobaan) dan liburnya sekolah, di PHK dan permasalahan lainnya. Adanya permasalahan tersebut  masyarakat sangat kesusahan untuk menghidupkan keluarganya terutama baik di sisi ekonomi dan juga anak-anak tidak bisa belajar tatap muka seperti biasanya. Permasalahan ini terjadi di Indonesia terutama untuk wilayah Aceh saat ini.

Tahun 2020 masih dalam keadaan pandemi dimana anak-anak tidak diwajibkan bersekolah seperti biasanya dan ekonomi dunia drastis menurun. Sekolah pun di adakan secara daring, dimana anak-anak mengerjakan tugas secara online dan dilakukan class room diskusi melalui aplikasi.

Di masa pandemi ini anak-anak saat jarang memegang buku pelajaran melainkan gadget (hp), dimana di era sekarang berlakunya sekolah daring yang diwajibkan belajar secara online, tetapi bagaimana dengan anak Usia Dini ? Ya, yang kita lihat anak usia dini masih lah belum mengetahui banyak hal tentang aplikasi- aplikasi pembelajaran secara efektif dan mereka tidak rutinitas belajar secara class room, hanya saja guru mengirim vidioe yang bersifat pembelajaran. Tetapi pada saat era pandemi ini rutinitas anak-anak sekarang beralih memainkan gadgetnya yang kita lihat sudah kecanduan dengan gadget yang didasari kelalain orang tua yang memberikan contoh tidak baik pada anak-anaknya. Walaupun gadget bisa berdampak positif dan negatif kepada si anak tersebut.

Dampak positif gadget terhadap anak yaitu: menambahnya ilmu pengetahuan yang mana dimaksud gadget disini bisa menjadi media yang memungkinkan kita untuk mengakses berbagai informasi di mana pun dan kapan pun saat sang anak tersebut membutuhkan baik menglihat atau belajar dari vidoe atau aplikasi yang bisa bersifat pembelajaran untuk anak dan mempermudah komunikasi si anak dengan orang tua pada saat berjarak jauh untuk melakukan komunikasi. 

Adapun dampak negatif yaitu: resikonya terkena radiasi yang menggunakan gadget terlalu sering atau berlebihan akan rentan terkena radiasi, terutama pada anak-anak. Pancaran sinar dari layar hp sangatlah membahayakan kesehatan perkembangan sistem saraf anak, dan daya ingat anak berkurang (lambat memahami pelajaran) yang mana kebiasaan si anak yang asyik  dengan gadget akan berpengaruh terhadap kemampuan ota untuk mendapatkan informasi. Salah satunya ketika mendapatkan pelajaran di sekolahnya, mereka akan sulit atau lambat memahami apa yang guru sampaikan dan juga gadget membuat si anak cenderung malas belajar apalagi membaca buku, sehingga prestasi anak menurun atau tidak berkembang.

Dan resiko penyalahgunaan gadget untuk anak usia dini ini saat berbahaya, jadi untuk orang tua harus lebih telaten lagi mengaasi si anaknya, karena biasanya anak-anak sekarang sedang mengikuti era modern di mana si anak sering melihat/menonton vidoe yang tidak sewajarnya di tonton dan mengikuti aplikasi yang membuat si anak meniru-niru apa yang si anak lihat. Melakukan adegan yang berbahaya buat dirinya dan orang lain karena sering menonton flm-flm kekerasan atau adegan yang berbahaya.

Kencanduan gadget sangat lah yang lazim kita lihat kebiasaan yang sudah kencanduan anak-anak susah di hilangkan, kebiasaan anak-anak bangun pagi tetap memegang gadget menonton vidioe yang digemarinya, bermain game dan sampai berjam-jam si anakpun lupa waktu, makan teratur pun jarang dilakukan dan tidur kemalaman, dalam 1 hari kerjaannya hanya dengan gadget sedangkan dengan keluarga sudah tak banyak lagi di lakukan bersamaa karena semua sibuk dengan gadget masing-masing. Dan komunikasi pun sebatas perlu. Itu adalah salah satu dampak buruk untuk perkembangan si anak kedepannya, jadi buat orang tua lebih bisa mengawasi anak-anak yang memang di mana kita mdern ini. Dan berikan pembelajaran yang baik untuk anak-anak karena anak usia dini masih cepat dapat menangkap apa yang kita lakukan.

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

My City

Berita Seputar Islam (Islampos)

Berita Seputar Aceh (Serambi Indonesia)