Assalamamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Orang yang rajin membaca bagaikan sedang melihat masa lalu dan masa depan, hadir disetiap sejarah, serta hadir di setiap imajinasi orang-orang hebat. selamat membaca, semoga bermanfaat setiap artikel yang admin sajikan.....

Antara Lailatul Qadar dan Ilmu (bagian 2, tamat)

           



              Seperti halnya raja Zulkarnai yang tersebut didalam surah al-Kahfi, Allah juga meninggikan derajatnya, dengan izin Allah dia dapat menguasai Masyri (daerah timur) dan Maghrib (daerah barat) karena beliau menguasai ilmu kemiliteran.

            Begitu pula ketika Allah menyuruh kita memperhatikan sesuatu  yang tertera didalam al-Quran serti misalnya dalam surah al-Ghasyiah ayat 17-20:
{17}. Afalaa yanzhuruuna illa al-ibili kayfa khuliqath (maka mereka tidak memperhatikan bagaimana unta di ciptakan ?)
{18}. Wa-ilaa ssamaa-I kayfa rufi’ath (dan langit, bagaimana ditinggikan ?)
{19}. Wa ilaal jibali kayfa nushibat (dan gunung-gunung bagaimana ditegakkan ?)
{20}. Wa ilal ardhi kayfa suthihat (dan bagaimana bumi dihamparkan ?)

Tanpa kita sadari bahwasanya Allah memerintahkan kita untuk mempelajari bagaimana penciptaan unta, sehingga dizaman sekarang dikenal dengan ilmu Biologi yaitu ilmu yang mengkaji tentang makhluk hidup. Dan juga pada ayat 18 Allah menyuruh memperhatikan langit bagaimna di tinggikan, sebenarnya Allah menyuruh kita untuk memplajari ilmu Astronomi. Pada ayat selanjutnya Allah menyuruh kita memperhatikan bagaimana ginung-gunung diteggakkan dan bagaimana bumi di hamparkan, hakikatnya Allah memyuruh kita untuk menuntut ilmu geografi.

Sadarkah kita, bagaiman pentingnya ilmu bagi suatu ummat khusus nya ummat islam. Pada abat ke-2 islam pernah memiliki perpustakaan terbesar di dunia di Baghdat yang masyhur selama 5 abat, akan tetapi ketika runtuh dinasti Abbasyiah ditangan bangsa Mongol perpustakaan tersebut dibakar oleh orang-orang yang tidak berpendidikan sehingga menyebabkan sungai dan lautan di daerah baghdat menjadi hitam akibat buku-buku yang juga di buang didalamnya. Di zaman sekarang pun masih terdapat sebuah perpustakaan di Iraq yang dimiliki oleh Abdul Fadhal yang jika kita ingin mengosongkan perpustakaan tersebut membutuhkan 100 ekor unta.  Dari situ dapat kita lihat bagaimana ummat islam pada masa itu sangat memperhatikan ilmu pengetahuan.

Tahukan kita bahwa penemu faksin pertama adalah seorang ilmuan muslim yang bernama Azzakhawi, dan 500 tahun kemudian orang-orang eropa baru menemukannya. Dan taukah anda seorang ahli kimia yang beragama islam bernama Jabbir ibnu Hayyan merupakan pembuat kaca dan sabun. Dan sadarkah ummat islam seorang laki-laki bernama Walid bin Abdul Malik di Syam adalah orang pertama yang membangun rumah sakit, sebelum jauh 900 tahun kemudian bangsa non muslim membangun rumah sakit. Dan sadarkah kita jarum yang digunakan oleh dokter bedah untuk menjahit kembali kulit manusia adalah umat islam pula yaitu Ar-Razi.
Begitu berharganya ilmu dimata islam, sehingga membuat para ummat islam pada masa itu betul-betul mempelajari ilmu pengetahuan.

Wahai saudaraku sekalian, jadikanlah momentum bulan ramadhan, khususnya di malam lailatul qadar menjadi salah satu momentum untuk memotivasi kita dalam menuntul ilmu pengetahuan, sesungguhnya semua ilmu itu berasal dari Allah, dan Allah telah menganugrahkan kita sebuah kitab suci yang tiada tandingannya yang berisi segala ilmu pengetahuan. Jadi mari kita bersama-sama merenungi, mentadabburi, dan mengkaji kembali Al-Quran sehingga kita bisa membawa islam kembali ke masa kejayaannya.



terispirasi dari khutbah Jum'at syaikh Ahmed Hilal Abdel Hayy di mesjid Jamik Al-Wustha, Jeulingke, Banda Aceh
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

My City

Berita Seputar Islam (Islampos)

Berita Seputar Aceh (Serambi Indonesia)